Minggu, Juli 31, 2016

Membuat Kerajinan Bambu (Proker Utama)

Bersama Masyarakat
               Desa bulung merupakan salah satu desa yang ada di kecamatan klampis yang terletak di perbatasan antara kecamatan arosbaya dan kecamatan klampis. Banyak Potensi yang terdapat di desa bulung salah satunya adalah potensi bambu yang melimpah, bambu yang terdapat di desa bulung tidak banyak digunakan, hanya saja digunakan sebagai tonggak bangunan dan kabel listrik saja.
            Dengan adanya potensi bambu yang melimpah namun tidak digunakan dengan baik, maka kedatangan kami ke desa bulung yaitu ingin membuat suatu perubahan yang baru. Pembuatan kerajinan dari bambu sendiri masih jarang ditemukan di Bangkalan. Oleh karena itu disini kami berinisatif untuk membuat kerajinan dari bambu yang berbeda dan bernilai jual yang tinggi. Kerajinan bambu yang kami ajarkan kepada warga desa Bulung ini terdiri dari Lampu Tidur, Vas Bunga, Lampu Belajar, Celengan, dan Tempat Pensil. Untuk hiasannya kami menggunakan berbagai macam model yaitu klasik, dan seni lukis.

            Sosialisasi pertama dilakukan di dusun Ambet dengan menemui satu persatu rumah warga, namun yang hadir hanya anak-anak. Sosialisasi yang kedua juga dilakukan di dusun Ambet dengan meminta bantuan kepada kepala dusun Ambet untuk menggumpulkan warga dalam pelatihan kerajinan bambu. Sosialisasi yang ketiga dilakukan di dusun Debeng dengan menggunakan metode yang sama yaitu meminta bantuan kepada kepala dusun Debeng.
            Pelatihan kerajinan bambu dilakukan 5 kali dalam 26 hari. Pelatihan ini dilakukan 2 kali untuk anak-anak dan 3 kali untuk warga desa Bulung. Pelatihan kerajinan bambu yang pertama dilakukan pada hari minggu, 17 juli 2016, pelatihan berlangsung dengan baik, peserta sangat antusias dan bersemangat untuk mengikuti acara kami. Kami melatih mereka untuk membuat dan menghias celengan dan tempat pensil. Untuk pelatihan yang kedua dilakukan pada hari jum’at, 29 juli 2016. Pelatihan ini merupakan lanjutan dari pelatihan sebelumnya dan pada pelatihan ini kami mengajarkan bagaimana tahap-tahap dalam pembuatan celengan, tempat pensil dan lampu tidur, selain itu kami juga mengajarkan bagaimana cara menganyam.
            Pelatihan yang ketiga dilakukan pada hari selasa, 26 juli 2016. Pelatihan ini dihadiri oleh warga dusun Ambet, pelatihan berlangsung dengan baik. Peserta sangat antusias dan banyak pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan warga kepada kami, bahkan salah seorang dari warga meminta kami mencari hari lain untuk melakukan pelatihan kerajian bambu sehingga pada pelatihan yang ketiga ini kami hanya memperkenalkan produk-produk kami dan meminta warga untuk bertukar pikiran mengenai produk apa saja yang akan di buat dari bambu. Pelatihan keempat dilakukan pada hari jum’at 29 juli 2016, ini merupakan lanjutan dari pelatihan sebelumnya sehingga pelatihan ini diisi dengan melibatkan langsung warga dalam pembuatan kerajinan bambu. Pelatihan yang kelima dilakukan pada hari sabtu, 30 juli 2016 yang dilakukan di dusun Debeng. Pada pelatihan ini kami memperkenalkan produk kami dan langsung mempraktekkan cara pembuatan kerajinan bambu. 

0 komentar:

Posting Komentar