Selasa, Agustus 02, 2016

Berbagi Ilmu dengan Anak Didik Taman Kanak-Kanak


            TK Arofi’iyah merupakan satu-satunya lembaga PAUD yang ada di Desa Bulung. Lembaga yang berdiri sejak tahun 2012 ini dalam kegiatan belajar mengajarnya masih menempati bangunan milik Madrasah diniyah. TK Arofi’iyah terdiri dari dua kelas yaitu TK A dan TK B dengan jumlah siswa yang cukup banyak pada setiap kelasnya. Sedangkan jumlah pendidik pada lembaga ini cukup minim, pada setiap kelasnya hanya ada satu guru. Jadi jumlah keseluruhan pendidik pada lembaga ini adalah tiga pendidik, yakni 2 guru dan satu kepala sekolah.
            Kegiatan pengabdian di TK Arofi’iyah dilaksanakan mulai tanggal 19 Juli 2016 sampai pada tanggal 1 Agustus 2016 dengan rincian dua kali dalam satu minggu. Selama proses pembelajaran metode yang dominan digunakan oleh guru adalah metode driil. Metode drill digunakan agar anak mampu Calistung lebih awal. Jadwal yang digunakan setiap harinya tidak sesuai tema dari dinas pendidikan. Jadwal yang digunakan hanyalah membaca, menulis dan berhitung. Sehingga banyak aspek yang tidak dikembangkan pada lembaga ini terutama aspek kognitif dan psikomotor.

Di akhir pengabdian sebagai bentuk terima kasih kelompok memberikan kenang-kenangan berupa alat kebersihan seperti sapu, kemoceng dan tepat sampah. Tujuan pemberian itu adalah agar warga sekolah dapat lebih menjaga kebersihan. Selain itu warga sekolah juga diharapkan mampu menjadi pribadi yang sadar dan disiplin dengan membuang sampah pada tempatnya. Jadi walaupun pengabdian selesai dilakukan kebiasaan baik dari warga sekolah dapat tetap baik dan bahkan menjadi lebih baik.

0 komentar:

Posting Komentar