Selasa, Agustus 02, 2016

Penanaman Herbal


     Tanaman herbal dalam bentuk TOGA atau yang sering disebut dengan tanaman obat keluarga merupakan tanaman yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan secara herbal. Penggunaan tanaman obat ini lebih dianggap penting karena berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pengobatan dengan menggunakan bahan alami lebih tidak menimbulkan efek samping. Karena mayoritas kebiasaan manusia zaman sekarang, ketika orang-orang sedang mengalami sakit cenderung meminum obat. Obat yang diminum tersebut mengandung unsur kimia yang pastinya ada efek sampingnya. Untuk meminimalisir penggunaan obat dari bahan kimia maka diadakannya pembuatan toga. 

       Pembuatan toga ini adalah untuk memanfaatkan tanaman sekitar sebagai bahan baku pengobatan, serta memberi pengenalan lebih awal pada anak penerus bangsa tentang manfaat penanaman toga serta tanaman yang termasuk dalam tanaman toga. Apalagi di daerah Bulung minim sekali mengenai pelayanan kesehatan. Hal ini juga dapat di tangani dengan menggunakan cara pemanfaatan tanaman herbal yang bisa bermanfaat bagi kesehatan. Manfaat dari penanaman toga kali ini untuk mempermudah anak penerus bangsa dalam mengetahui pengetahuan pengenalan obat herbal serta pemanfaatan tanaman obat keluarga. Sehingga dapat bermanfaat bagi kesehatan masyarakat ke depannya.
      Pelaksanaan penanaman Toga dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 04 Agustus 2016 mulai pukul 08.00 WIB sampai selesai. Peralatan yang dibutuhkan waktu penanaman toga yaitu tanah, skam, polibag, jenis tanaman herbal, cangkul, air dan plang. Kegiatan ini telah berjalan dengan lancar dan dilakukan dengan secara simbolis oleh guru MI Darul Fathi.

0 komentar:

Posting Komentar