Minggu, Agustus 07, 2016

Program Kerja Mengajar di SDN Bulung dan MI Darul Fathi


Pendidikan adalah salah satu hal penting kita perhatikan, pentingnya pendidikan sangat terlihat jelas. Bahwa setiap manusia  berhak untuk selalu berkembang dalam pendidikan. Berdasarkan pengajaran pertama yang di lakukan oleh KKN 36 di SD negeri Bulung, kecamatan Klampis, Kabupaten Bangkalan ternyata siswa-siswi banyak yang kurang aktif dan ada juga siswa-siswi yang tidak bisa membaca serta media yang ada di sekolah masih kurang memadai dalam pembelajaran. Selain mengajar di SD Negeri Bulung kami juga mengajar di MI Darul Fathi. 
Kami mengajar di SD Negeri Bulung setiap hari Rabu dan kamis. Pada hari Rabu kami mengajarkan tentang Materi PKN dan hari Kamis mengajarkan materi tentang IPS pada siswa-siswi kelas 4, sedang pada kelas 5 mengajarkan materi tentang bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Agama Islam. KKN 36 juga mengajar di MI Darul Fathi pada kelas 4, 5 dan 6  dengan Materi yang sama dengan SDN Bulung. Tujuannya adalah Untuk memberikan ilmu pengetahuan dan memberikan wawasan yang luas untuk siswa-siswi di SDN Bulung dan MI Darul Fathi. Kegiatan mengajar di SDN Bulung dilaksanakan pada tanggal  20, 21, 27, 28 juli dan 03,04 Agustus 2016 sedangkan kegiatan mengajar di MI Darul Fathi dilaksanakan pada tanggal 2, 3 dan 4 agustus 2016.

Kendala yang kami alami selama mengajar yaitu anak-anaknya cenderung nakal dan sulit untuk mengkondisikan siswa-siswi saat mengikuti kegiatan pembelajaran. Untuk sarana dan prasarana di kelas menurut kami fasilitas kelas kurang memadai, selain itu juga desain atau tata ruang kelas masih konvensional serta kekurangan media pembelajaran. Jadi untuk permasalah tersebut disini kami menerapkan pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan serta di berinya ice breaking atau pendinginan untuk menghilangkan rasa bosan siswa-siswi untuk memecahkan kondisi yang menegangkan sehingga siswa-siswi akan merasa senang dalam mengikuti pembelajaran.


0 komentar:

Posting Komentar